Mengenal Jenis-Jenis LNB Yang Biasa Digunakan Di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis LNB Yang Biasa Digunakan Di Indonesia - LNB atau low-noise block downconverter kadang disebut juga LNBF adalah perangkat penerima sinyal digital yang berasal dari satelit yang biasa di gunakan pada parabola, perangkat LNB ini termasuk kedalam perlengkapan parabola yang berada di luar ruangan (Outdoor). LNB dipasang diatas Dish/Payung parabola menggunakan tiang penyangga khusus.

LNB ada beberapa jenis yaitu LNB C Band, LNB Ku Band, LNB S Band, LNB Ka Band dan lain sebagainya. Di indonesia jenis LNB yang biasa di gunakan adalah jenis LNB C band, Ku Band dan S Band, LNB yang sering di gunakan pada parabola umumnya adalah LNB C Band yang biasanya di gunakan untuk menerima siaran dari satelit Palapa dan Telkom, LNB Ku Band dan S Band banyak dipakai oleh Pay TV atau TV berlangganan seperti AORA (Ku Band), Centrin (Ku Band), Indovision (S Band), OkeVision (S Band) dan lain sebagainya.

LNB S Band
Gambar LNB S Band

LNB C Band
Gambar LNB C Band


LNB Ku Band
Gambar LNB Ku Band

Itulah sedikit pengetahuan mengenai jenis LNB yang biasa di gunakan di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi bahasan mengenai jenis-jenis LNB ini mulai dari frekuensi, polarisasi, fokus LNB dan lain sebagainya yang mungkin akan di bahas kedepannya. Semoga bermanfaat.

Komentar anda tidak akan langsung muncul karena melalui proses moderasi/peninjauan oleh Admin sebelum ditampilkan. Jadi berkomentarlah yang berkaitan dengan artikel.